Berikut ini adalah langkah-langkah yang menurut saya sangat efektif untuk menghilangkan virus dari Komputer anda :

1.Putuskan Sambungan Internet dari Komputer
Jika komputer anda terhubung dengan jaringan lokal atau internet segera putuskan atau cabut bila perlu untuk memastikan 100% anda benar-benar tidak terkoneksi. Terkadang virus dan spyware memanipulasi komputer anda sehingga seolah-olah anda sudah tidak terhubung lagi dengan jaringan luar.

2.Gunakan Sytem Restore
System restore adalah Salah satu fitur yang efektif untuk mengembalikan system Anda pada keadaan dimana kerusakan atau konflik sistem belum terjadi.Sebelum anda repot-repot mengeluarkan berbagai jurus untuk membunuh virus di komputer anda, sebaiknya anda coba fasilitas ini terlebih dahulu.

3.Scan Komputer dengan Antivirus yang Update
Nah, setelah anda merestore komputer anda.Tetapi masih terdapat virus,Langkah pertama yang sebaiknya anda lakukan adalah melakukan scanning terhadap komputer anda.Sebelum nya anda harus mengupdate antivirus yang anda miliki.Update dapat dilakukan melalui download internet maupun secara offline jika anda memiliki filenya dari orang lain. Setelah terupdate dengan definition yang baru maka anda sebaiknya langsung melakukan scanning untuk segera menyingkirkan virus yang ditemukan.

4.Install Tools
Jika Komputer anda masih terinfeksi dengan virus tersebut. Saya saran kan gunakan beberapa tool yang bisa menghentikan atau membunuh kinerja virus tersebut. Seperti Hijack this, process explorer,tasklist dll…Yang bisa anda download di internet.

5.Format Hardisk
Jika semua cara di atas, tidak ada yang dapat memberikan solusi terbaik.Anda mungkin dapat memformat hard disk anda. Pastikan data yang penting anda sudah anda salin pada media penyimpan lain yang tidak terinfeksi virus, spyware serta program jahat lainnya. Kemudian format hard drive anda,Lalu install OS dan prgram aplikasi yang biasa anda pakai. Setelah semua selesai, copy kembali file-file penting anda pada komputer anda tersebut.

Itulah beberapa langkah yang bisa saya berikan. Setelah melakukan hal-hal di atas sebaiknya anda menjadikan ini sebagai pengalaman bagi anda agar komputer anda yang terinfeksi virus tidak terulang kembali.

Semoga bermanfaat !