Di Internet, banyak tool yang di tawarkan secara gratis.Namun, perlu di ingat, ada beberapa jenis tool gratis seperti FREEWARE (tool ini gratis) dan ADWARE atau SPYWARE (tool ini gratis, tetapi anda harus menginstalasi tool lain, selain dari tool yang anda inginkan), yang bisa membawa virus atau spyware. Berikut ini beberapa tool yang sebaiknya tidak di install ke dalam komputer anda :
1.Gator
Gator adalah tool yang sering membuat kita susah.Gator akan menginstal tool ke dalam komputer TANPA SEPENGETAHUAN ANDA.Mereka juga kadang menipu user dengan iklan-iklan yang menarik.Jika anda menginstal Gator, maka computer anda akan menjadi seperti lumbung IKLAN.Setiap hari anda akan di hujani dengan “Pop Up” yang di bawa oleh Gator ini.Jadi, jauhkan computer anda dari website Gator.Sebaiknya blok website Gator agar tidak dapat masuk ke komputer anda.
2.Bonzi Buddy
Monyet kiut yang berwarna ungu ini sebenarnya sangat jahat! Jangan terpengaruh dengan kekiutan monyet ini. Bonzi buddy sebenarnya mengumpulkan informasitentang kebiasaan anda ber-Internet, ke mana anda berselancar, berapa lama, dan kapan informasi ini akan di gunakan untuk iklan yang dibawa kepada anda. Tool ini juga akan menyebabkan komputer anda menjadi sangat lambat.Jadi, jangan pernah menginstal tool ini ke komputer anda.
3.GoHip
GoHip di katakan sebagai penambah nilai pada browser anda.Namun, sebenarnya tidak ada gunanya menginstal tool ini.Browser kan menjadi lebih lambat dengan adanya tool ini.Bahkan, jika anda telah menginstall tool ini, maka untuk membuang (Uninstall) akan sangat susah.Untuk menghilangkan tool ini, silahkan download removernya di : http://www.gohip.com/remove_browser_enchancement.html.
4.Hotbar
Katanya sih dengan adanya Hotbar ini, browser IE (Internet Explorer) menjadi lebih cool.Hotbar sebenarnya hanyalah sekedar skin browser IE saja.Selain mempercantik IE anda, tugas Hotbar adalah menyalin kebiasaan anda, merekam setiap waktu yang anda lewati.Koneksi Internet anda semakin lambat.Jadi, sebaiknya tool ini jangan di install! Jika tool sudah di install, jangan menggunakan Add/Remove Program di Control Panel, karena menyebabkan masalah lain timbul.untuk membuang hotbar, silahkan download tool dari link berikut : http://hotbar.com/downloads/HBfullUnlnst.exe.
5.Xupiter Toolbar
Satu lagi tool yang sering membuat kita susah.Tool ini akan masuk dengan senang, apalagi untuk pengguna yang tidak mengerti tentang komputer.Ketika mereka menekan YES pada peringatan yang muncul, maka secara otomatis tool ini akan menginstal dirinya sendiri.Setelah tool ini terinstal ke komputer anda, maka computer anda akan menjadi lambat.Kemudian akan menampilkan iklan.Jadi, sebaiknya jangan pernah menginstal tool ini.
Itulah beberapa tool yang sudah saya jelaskan dan sebaik nya jangan di install.Ingat! Berhati-hati lah dalam menginstal tool ke dalam komputer kita, jangan hanya terkecoh dengan keindahan yang di tampilkan tool tersebut, justru tool tersebut akan memperlambat kinerja komputer anda.