Sebagai seorang muslim, puasa merupakan sebuah kewajiban bila telah memasuki bulan suci ramadhan.Puasa tidak hanya untuk meningkatkan ketaqwaan seorang muslim kepada pencipta nya.Tetapi ,apabila kita tinjau dari segi kesehatan dan sosial puasa memiliki beberapa manfaat.

Manfaat puasa bagi kesehatan :
Jika berpuasa dilakukan secara benar, ternyata berbagai jenis penyakit dapat dikendalikan. Misalnya diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi, maag hingga kegemukan. Puasa berarti mengistirahatkan saluran pencernaan (usus) beserta enzim dan hormon yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan terus menerus selama kurang lebih 18 jam. Dengan berpuasa organ vital ini dapat istirahat selama 14 jam.
Puasa akan mengaktifkan sistem pengendalian kadar gula darah. Apabila kadar gula darah turun, maka cadangan gula dalam bentuk glikogen yang ada di hati mulai kita gunakan.
Namun penderita penyakit hati yang berat, seperti sirosis hati, dianjurkan untuk tidak berpuasa, karena berisiko terjadi penurunan gula darah (hipoglikemia), akibat cadangan glikogen hati sangat berkurang. Pada orang normal tidak akan menjadi masalah jika kadar gula sangat turun.
Puasa juga merupakan kesempatan menurunkan berat badan bagi yang gemuk, dengan cara tidak makan berlebihan pada waktu buka, sehabis buka dan sewaktu sahur. Kadar lemak darah, kolesterol dan trigliserida bisa berkurang karena tingkat konsumsi makanan gorengan dan bersantan berkurang.
Bagi yang hipertensi, tekanan darah dapat turun, jika selama berbuka hingga sahur tidak makan makanan yang asin-asin dan tidak lupa minum obat hipertensi pada waktu sahur.
Pada penderita diabetes (terutama yang gemuk) dengan berpuasa gula darah lebih terkontrol. Tidak semua penderita diabetes mellitus atau kencing manis aman untuk menjalankan puasa. Yang aman adalah penderita diabetes yang kadar gulanya kurang dari 200 mg/dl, dan mendapat pengobatan bentuk tablet yang diminum. Jika mendapat suntikan insulin , dosis harus kurang dari 40 unit/hari dengan 1 x suntikan per hari.
Para penderita sakit maag atau gastritis yang ringan boleh puasa, kadang-kadang keluhannya berkurang. Bila berat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dulu apakah boleh puasa.

Manfaat puasa dari segi sosial :
Allah telah memberikan karunia dan nikmat yang sangat besar kepada kita, namun terkadang kita selalu lupa bersyukur dan menggunakan nikmat itu untuk hal-hal yang tidak jelas.Dengan adanya puasa, Allah menyadarkan kita bahwa masih banyak orang-orang miskin yang nasib nya tak seberuntung kita.Dengan puasa mengajarkan kita bagaimana rasa nya penderitaan yang di alami saudara kita yang lain.Hal ini mengharuskan kita mensyukuri nikmat Allah atas diri kita berupa serba kecukupan, juga akan menjadikan kita berbelas kasih kepada saudara kita yang memerlukan, dan mendorong kita untuk membantu mereka.
Di bulan suci ramadhan ini marilah sama-sama kita tingkatkan ketaqwaan kita kepada allah SWT.Karena banyak sekali pahala yang di lipat ganda kan oleh allah di bulan ramadhan ini yang bisa kita manfaatkan.Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapat predikat terbebas dari api neraka.Amiin...